Cari Blog Ini

Minggu, 26 April 2015

hey, kelin.

Kenalin, nama gue Kelina, biasa di panggil Kelin, lin, lina, kalau mamah panggil ina, ayah panggil cantik, dan pacar panggil gue si kurus sih biasanya, badan gue kurus, mau makan sebanyak apapun ya pada akhirnya tetep aja gue susah cari ukuran sepatu, nggak ada jam tangan dan topi yang pas. Ngomong - ngomong soal pacar, gue bakalan kenalin pacar gue. 
Namanya, Gilan, cocok sama namanya. Orangnya emang gila. Suka ngelakuin hal - hal yang aneh, absurd, out of the box, nggak pernah serius (nggak tau deh dia serius apa nggak pacaran sama gue?), suka males mandi kalau hari minggu, gak meritualkan malam mingguan buat yang pacaran, emang gilak gilaaaak gak pernah bisa tidur kalau belum di atas jam 1 dan hebatnya selalu bisa bangun jam 6 pagi tanpa tidur lagi, rambutnya lebih gondrong dari gue (dari belakang kita bagaikan pasangan letsbi) rambutnya jatuh gilak lembut banget padahal gak pernah perawatan apa - apa bahkan suka lupa keramas (suka sedih bayangin ketika gue bela - belain sering ke salon, ngerawat rambut dan tetep aja, kadang rambut gue tetep bercabang), perawakannya pas deh gak kurus gak gendut dan nilai plusnya dia tinggi cukup seperti pohon untuk melindungi terik matahari yang panas ketika lagi di sampingnya, pokoknya apapun hal yang dia lakukan pada gue hanya seperti sama temen cewek deket biasa, dia paling anti sama yang namanya "Romance". Cukup kali ya buat jelasin gimana pacar gue itu.

Kalau kita lagi jalan bareng, terus nemu tempat makan, duduk depan - depanan, pas makanan dia dateng :
Kelin : "coba dong makanannya" (sambil mangap - mangap)
Galin : "nih.." (Nyodorin piring)
Dipikiran gue : "gilak nih cowok, cuek amat. Sebenernya gue gak begitu kepingin sama makanannya, yang gue pingin tuh pas dia nyuapinnya, eh kenyataan emang gak seindah ekspetasi, dia malah nyodorin piringnya buat gue nyendok makanan dan gue masukin ke mulut gue sendiri pake piring gue. Gilak nih cowok, mesti baca buku 101 cara mengerti kode - kode yang cewek lempar inisih."
Gilan : "kok bengong? Makan aja, gakan minta jatah jadi bayar berdua kok tenang." ( sambil ketawa ketawa khas nya)
Kelin : "gak jadi, kenyang."

------
Itu cuma sebagian besar contoh betapa cueknya dia. Dan gue gak ngerti kenapa gue tetep aja cinta sama dia, gue yakin seratus persen nggak akan ada cewek yang bisa sekuat gue ngadepin penguin macam beginian, gue lama - lama kayak pacaran sama kulkas dan otaknya adalah es batu. Dingin, beku. Kadang gue suka nyinyir berharap dia ngerti sama apa yang gue maksud, yang ada malah failed, nothing usaha gue nothing. 
Pernah Paslagi dijemput pulang pake motor klx dia yang udah lama gak di service, yang ngendarainnya amburadul bikin sakit pinggang, helm tanpa kaca bikin mata gue perih, gue cerita kayak gini malah gue diceramahin.
Kelin : "Gal..."
Galin : "kenapa kur?."
Kelin : "ih udah diomongin berapa kali sih? Jangan kur. Kayak lagi manggilin ayam aja, kurrr kurrrr..."
Galin : "iyeee, rus masa rus kan gak enak."
Kelin : "sayang kek gitu, ah yaudah deh gak usah dibahas, gue mau cerita nih."
Galin : "cerita aja, mumpung rumah kamu masih jauh." (Dengan ekspresi flat yang selalu terpasang diwajahnya yang padahal ganteng mirip Taylor Lautner versi agak kurusan dikit terus putihan dikit)
Kelin : "tadi temen gue ulang tahun, terus pas lagi kelas, pacarnya ngasih surprise, pas dosen mau ngajar terus nyalain laptop, pas mau mulai belajar eh yg ada malah muncul video ulang tahun gitu, ada ucapan - ucapan dari temen - temennya, sontak dia kaget, pas lagi kaget - kagetnya temen - temen deket sama pacarnya masuk kelas gitu, pacarnya megang kue, temennya pada megang balon sama mawar gitu tiap orangnya, nyamperin dia, sambil di kelilingin gitu, pas dia lagi seneng gak sadar, tauknya ada kado gede banget masuk kelas, isinya boneka beruang gede banget bisa jadi kasur terus tiduran deh dia disitu. Romantis gila kan?"
Gilan : "oh. Bukan romantis gila, yg ada dia emang gila. Ngambil jam belajar orang kan gak sopan, gimana kalau emg ada yg niat dateng kekampus mau belajar taunya malah ancur cuma gara - gara gituan. Rugi yg ada udah bayaran sks." (Jawab Gilan tetep dingin, usaha Kelin meleset abis.)
Kelin : (gak bahas lagi, mukanya males)

----------
Suatu saat gue lagi BT abis sama dia, gak mau bales chat dia, gak mau angkat telpon dia, gak mau ngobrol bahkan buat ketemu aja gue ogah banget. Tetiba dia dateng kerumah bawain nasi goreng, udah duduk aja di ruang tamu tanpa gue tau, kejadiannya gini.
(Ada yang masuk kamar)
Si mbok : "neng ina, ada den Galin tuh di ruang tamu"
Kelin : "oh...bilang bentar gitu mbok."
Si mbok : "siap bos!" (Cekatan)
Kelin : (sambil tiduran dan baca majalah gue tersadar) "hah? Galin?." (Gue sibuk sendiri)

Di ruang tamu.
Galin : "kemana sih kok ngilang?"
Kelin : "gak"
Galin : "kenapa sih? Jangan manyun ntar gak cantik lg"
Kelin : "emang enggak."
Galin : "eh gilak, emgnya gue bodoh apa buat nyari cewe? Yg gue pacarin pasti cantik lah kur"
Kelin : "serah."
Galin : "cerita dong, lagi dapet masalah ya?"
Kelin : "iya, masalahnya tuh lo!"
Galin : "loh ? Kenapa? Emang ada apa? Gue udah keramas loh, gue udah cukuran jenggot juga." (Mukanya tetep dingin).
Kelin : (dengan mata berkaca dan penuh emosi yang tertahan dan pada akhirnya mebludak - bludak bagai gunung meletus) "gue gak ngerti sama lo, hati lo itu batu akik? Perlu gue potong dan gue gosok tiap hari gitu biar jd licin? Biar jd bagus? Biar jd indah buat gue miliki? Sebagus - bagusnya tetep aja itu batu, batu ya batu, keras! Kaya hati lo! Lo kaya batu yang disimpen dalem kulkas. Udah keras lo dingin, gak bisa perlakuin cewek lo sendiri kayak pacar lo sendiri, gak ada spesial - spesialnya. Gue juga cewek, cewek emang gak butuh digombalin, tapi sekali dua kali itu perlu, gak butuh romantis yg pake uang banyak, yg penting lo tau gmn caranya bisa bikin cewek lo senyum lebar karena apa yg udah lo perbuat! Cewek akan lebih senang ketika lo ngelakuin hal tanpa ceweknya harepin terlebih dahulu! Gila lo Gilan, emang gila. Pacaran aja gih sama batu akik, cari yg paling mahal, biar bisa lo sayangin tanpa pernah ngerasa kecewa dan banyak nuntut ini itu sama lo! Yg bakalan tahan lo giniin terus. 5 tahun kita pacaran, 5 kali gue ulang tahun, lo cuma ngucapin lewat chat dan ngajak gue makan udah gitu aja, gue emg gak pernah berharap lebih sama kado, tapi gak ada moment spesial sama sekali buat gue,  gue udah umur 26, gue rasa gue gak bisa lagi jalanin ini sama lo, sekarang aja lo gini gimana entar. Mending kita udah cukup sampe sini aja, bawa aja tuh nasi goreng buat lo makan di kostan. Gue capek mesti ngertiin lo terus yg dingin tanpa lo ngerti perasaan gue balik! Sekarang lo keluar aja dan jangan lagi pernah muncul di hadapan gue, muak gue! Pergi lo!" (Gue tumpahin segala yg ada di otak gue, tanpa spasi, dengan nada tinggi, gue tau itu cuma bakalan bikin gue percuma udah teriak, gak akan tergertak juga, gue ngomong sambil nangis - nangis darah, dia cuma bengong dan ngelamun. Bahkan gak liat muka gue)
Galin : "oke... Kalau itu mau kamu. Maaf sebelumnya udah ganggu" (pergi dengan muka penuh tanya)

-------
Sejak itu gue jalanin hidup gue kayak biasa, bedanya sekarang gue sendiri. Kemana - mana paling sama temen - temen. Gosip - gosip gak jelas. Kadang gue kangen Galin, yg dingin tapi gak ngebosenin. Yang selalu ada bahasan obrolan walau ujung - ujungnya palingan kita berantem.
Besok hari ulang tahun gue, pertama kalinya gue harus ngejalanin ulang tahun sendirian. Rasanya ya, biasa aja. Waktu pacaran sama sendirian sama - sama gitu aja tuh ulang tahun. Basi. Gak lagi gue mentingin yg namanya ulang tahun. Gak peduli gue.
Ber jam - jam berlalu, gue gak ngantuk dan akhirnya begadang sambil baca novel. Hp gue bunyi, ada chat dari Gilan isinya begini.
Pesan Gilan : "gue harap lo gak ilfeel duluan liat chat yg dateng dari gue, yg sekarang udah gak tau deh nama kontaknya apa. Mungkin namanya Ta* atau seta*. Gue cuma mau ngucapin ulang tahun buat kamu, selamat ulang tahun. Semoga ini ucapan yg pertama muncul di hp kamu. Gue akuin gue brengsek. Bikin lo sakit hati, gue minta maaf. Maaf sebelumnya gue blm minta maaf dan main pergi aja. Happy your day, have fun with your new life!"
Gue langsung liat jam dinding di tembok tepat depan kasur gue, Galin tepat pukul 00.00 ngucapin ulang tahun buat gue. Kaget sih, gue seneng bacanya, ngobatin rindu gue udah lama gak ngobrol sama dia, tapi gak gue bales. 

--------
Pagi itu di hari ulang tahun gue, seperti biasa aja, basi. Gue lenjeh - lenjeh, hari minggu gue libur ngantor. 
Mamah sama ayah masuk kamar, ngucapin ulang tahun buat gue, sedangkan adik gue udah ngilang pergi sama temennya ke car free day. 
Siangnya gue dapet surprise dari temen - temen gue, gue seneng karena mereka gak lupa dan ada juga yg mau ngasih gue surprise. 
Sorean gue mikir, dari pada bosen, akhirnya gue ngajak temen - temen gue jalan sekalian niat mau nraktir tanda makasih udah repot mau kasih surprise, lagi buntu mikir temen gue ngajak makan aja di Dago atas katanya tempatnya enak, sejuk gitu. Jam 7an kita cabut, mamah sama ayah lagi asik dvd-an dan asik gue lg belajar senin besok aja ujian. Gue pamitan dan akhirnya amplop yg gue tunggu turun juga, cadangan buat bayarin temen - temen gue makan. Gas deh, sesampenya di tempat. Gue duduk di tempat yg udah di reservasi sama temen gue, ini tempat rame banget katanya sampe harus dipesen dulu, tapi tempatnya emang rame sih. Gue sama lima temen gue duduk, temen - temen gue pergi ke wc semua, gue lg posisi ter enak dan males banget ngikut. Dan pas lagi ngadem, ada pelayan nyamperin gue dan bilang gue salah tempat duduk, spontan gue pindah tempat, dan katanya barang - barang temen gue tar aja pas gue chat Elin temen gue, kebetulan barang berharganya dibawa semua. Gue ngikutin jalannya tuh pelayan, dan sampe di meja yg dituju, cuma aneh.

------
Gue disuruh duduk di meja yang cuma ada dua kursi, kurang 4, temen gue lada duduk dimana?.
Kelin : "mas ini beneran atas nama Kelina?"
Pelayan : "bener kok mbak."
Gue bingung setengah mati, yg gue bingung lagi, ini meja kayak sengaja disimpen jauh dari pengunjung lain, di balkon yg langsung ngadep halaman luas, atapnya langit yg terang sama bintang, mejanya ada lilin, kursinya dihias pake pita, udah ada makanan didepannya, steak sapi kesukaan gue banget, sama es jeruk yg pake gelas lucu gitu, pinggirannya pake lampu cabe warna - warni. Pas masuk gue baru sadar kalau gue nginjek bunga - bunga yang bertebaran di lantai. Pelayan nyuruh gue makan duluan karena makanan udah siap, gak ngerti deh sama kata "duluan" padahal gue gak lagi nunggu siapa - siapa kecuali temen - temen gue yg kalau di wc emang suka lama, tapi kali ini mereka emang lama dan gak muncul - muncul, gue takutnya malah ditinggalin. Pas gue lg mau makan disuapan yg pertama, tiba - tiba ada lagu (Blue - Best ini me) gue suka banget lagunya. Gue suka banget liriknya, lagu itu bikin gue senyum - senyum. Pas lagunya udah mau abis, tiba - tiba ada suara cowok ikut ngiringin lagunya di bait terkhir. Kayak gini :
"Couse you bring out the best in me, like no-one else can do, That's why I'm by your side, and that's why I love you"
Spontan gue ngadep belakang, gue gak ngenalin itu cowok, dandanannya rapih, pake pakaian resmi gitu, rambutnya pendek rapih, madep belakang. Pas cowok itu ngebalik, gue kaget setengah mati, dalem hati gue teriak "GALIN?"
Cowok itu nyamperin gue, gue hampir gak ngenalin tuh cowok. Rapih, mirip bule, ganteng, pas nyamperin dia bawain gue bunga segepok, las gue itung ada 27, warnanya merah pekat kayak warna yang gue suka. Harum, parfume kesukaab gue. Galin duduk depan gue, pertamanya cuma senyum. Lagu Best ini me terus - terusan direpeat. 
Galin : (tersenyum) "apa kabar Kelina?."
Kelin : (gue jawab ragu) "Ba..baik, kamu?"
Galin : "buruk, kemarin sempet hilang arah pas sadar kamu udah bukan lagi pacar Galin. Galin baru sadar Galin bukan pacar yg baik dan gak bersyukur dapet pacar sebaik kamu, secantik kamu."
Kelina : (gue diem gak tau mesti ngomong apa)
Galin berdiri dari kursinya, manggil pelayan, pelayan bawain mahkota gitu. Galin masangin mahkotanya dikepala gue. Lagu Best in me berhenti, pelayan juga bawain gitar. Pertama Galin ambil gitarnya, terus dia bawa gitarnya dan nyanyi justru bukan dihadepan gue, dia nyanyi didepan pintu. Dan yg bikin gue kaget, gue baru tau kalau Galin bisa main gitar, dia mulai memainkan gitarnya, dan mulai bernyanyi...
"Sir, I'm a bit nervous
'Bout being here today
Still not real sure what I'm going to say
So bare with me please
If I take up too much of your time,
See in this box is a ring for your oldest
She's my everything and all that I know is
It would be such a relief if I knew that we were on the same side
'Cause very soon I'm hoping that I..."
Pas mulai ke reff, orang tua gue muncul dari pintu... Gue kaget banget.
"Can marry your daughter
And make her my wife
I want her to be the only girl that I'll love for the rest of my life
And give her the best of me 'til the day that I die, yeah" reff itu dia nyanyiin ke orang tua gue... Terus dia nyamperin gue, ngegitar sambil berlutut, mukanya serius banget dan suaranya merdu banget.
"I'm gonna marry your princess
And make her my queen
She'll be the most beautiful bride that I've ever seen
I can't wait to smile
When she walks down the aisle
On the arm of her father
On the day that I marry your daughter....
Hay Kelin, ambil kotak kecil diatas meja itu.."
Gue lagi - lagi tersentak. 
Gue mencoba ngambil kotak itu, isinya cincin ada guratan Kelina, nama gue. Gue kaget hampir kaya beneran mau mati, deg - degan banget, secara ini hal pertama yg pernah gue hadepin seumur hidup gue. Gue gak nyangka gue bakalan dapet moment kaya gini. Gue gak inget lagi sama moment chelsea olivia dilamar gleen yg romantis banget. 
Tiba - tiba orang tua gue nyamperin gue.
Mamah : "ina, Galin udah nyiapin ini lama banget. Ini udah ada dipikirannya sebelum km putusin dia, jangan pernah meyangka dia ngelakuin ini karena kamu bentak. Dia berusaha sangat keras agar acara ini berlangsung dengan baik. Agar kamu bisa bahagia dan gak pernah nyesel pacaran sama dia. Dia juga sengaja potong rambut, buat kamu."
Papah : "iya cantik, sekarang jawab pertanyaan Galin."
Gue cuma ngeliatin suasana, terus gue dengerin lagi suara lagu, sekarang marry your daughternya diputerin disini. Gue semakin diem, sekarang bibir gue yg beku. Galin terus natap gue penuh harap.
Saat itu, ada dua orang lagi muncul dari pintu, oh my god, itu orang tuanya Galin, jauh - jauh dari luar kota, sama adik - adik gue, dam temen - temen gue yg tadi kesini bareng gue bawa kado banyak banget.
Mamahnya Galin : "ini Kelina ya? Cantik. Diluar yang ibu bayangkan, Galing sering cerita sama ibu, kalau kamu perempuan yang sangat baik dan Galin ingin kamu menikah sama dia. Dan minta ibu dateng kalau Galin mau ngelamar."
Gue disitu malah nangis parah, terus Galin meluk gue. Gue peluk balik, Galin ngusap rambut gue, terus ngehapus air mata gue. Gue cuma ngangguk disitu, Galin seneng banget. Dia teriak Yes keras banget, pelayan sama pengunjung disitu udah nontonin kita dan tepuk tangan pas gue ngangguk sambil senyum. Terus Galin masangin cincin itu di jari manis gue. Nyium tangan gue, Dan meluk gue keras banget. Gue bisa liat raut bahagia dikedua orang tua gue, apalagi orang tua Galin. Gue gak nyangka, seorang Galin, diam - diam romantis kayak gini. 
Galin : "I love you..."
kelin : "Love you too.."
Gue seneng banget, berasa queen beneran. Galin emg org yg dingin, tapi sedingin - dinginnya dia, dia cuma cinta sama satu orang, dan orang itu gue, dia berusaha bisa bikin gue bahagia, gue ngerasa beruntung karena udah di ketemuin sama dia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar